Friday 27 March 2020

KHUTBAH JUM'AT

MENYIKAPI VIRUS CORONA
الحمدُ ِللهِ الَّذِى نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ، وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَهَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لآ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.      ) أَمَّا بَعْدُ (
فَيَا عِبَادَ اللهِ أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِىْ بِتَقْوَى اللهِ، اتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَتَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.  قال الله تعالى
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلاً سَدِيداً . يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَن يُطِعْ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزاً عَظِيماً . وَقَالَ اَيْضًا : وَمَنْ يَتَّقِ اللهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا   

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah !
 Marilah kita  meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT dimanapun kita berada. Sebab taqwa adalah bagian dari mensucikan diri dalam usaha bertaqarrub (mendekatkan) kepada Allah SWT. guna meraih kebahagiaan hidup di dunia maupun di akhirat.

Kaum muslimin rahimani wa rahimakumullah
Dunia sedang dibuat panik dengan adanya virus corona. Virus corona berasal dari kota Wuhan, China dan sudah menyebar di hampir seluruh negara. Gejala orang yang terkena virus corona antara lain batuk, demam, dan sulit bernafas.

Pemberitaan yang heboh tentang virus corona ini membuat berbagai spekulasi dan teori konspirasi  diantaranya :
1. Virus corona merupakan buatan AS dan Sekutunya Israel sebagai senjata untuk menaklukkan musuh-musuhnya.
2.    Virus Coruna sebagai azab yang diturunkan oleh Allah
Allah menurunkan Azab kepada orang-orang china yang telah membantai Umat Islam di Uyghur Xin jiang di China.
3.    Virus Corona muncul akibat kebiasan mereka orang-orang etnis china di Wuhan yang memakan binatang-binatang haram khususnya kelelawar liar yang tergolang binatang yang diharamkan oleh Allah SWT, yang dapat menimbulkan berbagai penyakit baik disadari ataupun tidak.

Dari semua teori dan opini yang muncul, yang benar hanya Allahlah Yang Maha Mengetahui tentang kebenarannya, karena hanya Allahlah yang Maha Mengetahui.  Akan tetepi yang jelas adanya kerusakan dimuka bumi ini akibat ulah tangan manusia.
Allah Berfirman :
ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

Artinya :
Telah nampak kerusakan di darat dan di lautan akibat perbuatan tangan (maksiat)[1] manusia, supaya Allâh merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar) [ar-Rûm/30:41]


Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah !
Namun Kita harus tahu ini merupakan peringatan Allah kepada hamba-Nya agar kita semua semakin meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Sehingga Kita semua bangsa Indonesia khususnya warga Soko diberikan jalan keluar oleh Allah SWT yakni  terhindar dari penyakit corona yang sedang menghantui dunia termasuk indonesia.

Allah SWT. Berfirman  dalam surat At Tholaq ayat  2 :
وَمَنْ يَتَّقِ اللهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا   

Artinya : “Barang siapa bertaqwa kepada Allah niscaya Dia (Allah) akan membukakan jalan keluar baginya” (Q.S. At Tholaq ayat  2)

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah !
Untuk Menghadapi situasi ini, kita harus melakukan berbagai usaha antisipasif agar virus tersebut tidak menyebar dan semakin banyak menjangkiti manusia. Bukan kepanikan dan ketakutan tanpa diiringi ikhtiar. Apalagi gampang termakan berita-berita hoaks di berbagai pemberitaan khususnya di media sosial terkait virus korona.

Ma‘asyiral Muslimin Rahimakumullah !
Untuk Menghadapi virus ini kita harus tenang dan dan tetap menjaga kesehatan, ada dua cara yang harus kita lakukan :
1.    Usaha yaitu dengan melakukan tindakan fisik yang bersifat medis dan agamis
yakni melakukan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat; Seperti rajin mencuci tangan, menutup mulut saat bersin dan batuk, menjaga makanan yang kita konsumsi agar bersih sehat dan halal. Dan selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan.
Dalam Islam prilaku hidup bersih dan sehat sudah dicangangkan dalam bab Thoharoh seperti Wudhu, Dengan berwudhu paling sedikit 5 kali dalam sehari ketika akan sholat Insya Allah kita akan bersih dari najis, hadas kecil, kotoran termasuk virus-virus penyakit, termasuk virus yang sedang viral saat ini yaitu Virus Corona. Amin 3x Ya Robbal Alamin.

2.    Do’a yaitu ikhtiar yang berhubungan dengan kekuasaan Allah SWT
Dalam menghadapi dan menangkal virus corona, semua elemen bangsa, khususnya umat Islam untuk senantiasa berdo’a dan  mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wata’ala. Di antaranya dengan bertaubat, memohon ampun dan meninggalkan perilaku zalim dan perbuatan dosa, karena bisa jadi wabah ini merupakan peringatan dari Allah subhanahu wata’ala agar umat Islam semakin mendekatkan diri kepada-Nya.

Ma‘asyiral Muslimin Rahimakumullah !
Kita juga harus memperbanyak berdoa diantaranya dengan Qunut Nazilah atau shalawat yang dibacakan untuk menangkal turunnya malapetaka. Di antara amalan yang bisa dibaca untuk menangkal virus corona seperti :
1.    Shalawat Thibbil Qulub (penyembuh hati) atau disebut juga shalawat shalawat Nurul Abshar  (cahaya mata hati), yakni:

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ اْلقُلُوْبِ وَدَوَاءِهَا وَعَافِيَةِ اْلأَبْدَانِ وَشِفَاءِهَا وَنُوْرِاْلأَبْصَارِ وَضِيَاءِهَا وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ
2.    Shalawat lain yang bisa diamalkan yakni shalawat yang diijazahkan oleh Habib Luthfi bin Ali bin Hasyim bin Yahya, yakni :

بِسْمِ اللهِ الَّرحْمنِ الّرحِيْمِ اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اٰلِ سَيِّدنَا مُحَمَّدٍ بِعَدَدِ كُلِّ دَاءٍ وَدَوَاءٍ

Inilah ikhtiar-ikhtiar yang seharusnya kita lakukan menghadapi kondisi saat ini. Semoga Allah senantiasa melindungi kita semua dari berbagai marabahaya dan penyakit khususnya penyakit yang di akibatkan oleh virus Corona. Dan semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan agar kita semua dapat beribadah kepada Allah subhanahu wata’ala dan berjamaah dengan tenang dan khusu’. Aamiin 3x ya Robbal Alamin.
                                
أَقُوْلُ قَوْلِيْ هٰذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

Silahkan Klik : http://gg.gg/DOANLOAD

No comments:

Post a Comment